Inilah Gua Terbesar di Dunia - Hang Son Doong




Yess Outdoor : Jika sebelumnya kita telah membaca gua-gua terdalam didunia, sekarang saatnya untuk menikmati gua terbesar didunia.

Ternyata gua terbesar tersebut tidak terlalu jauh dari Indonesia, tepatnya berada di Vietnam.

Gua Son Doong baru terungkap keberadaannya sekitar 4 tahun lalu, gua ini memiliki luas 8,8 hektar. Yang membuat kita tercengang adalah adanya hutan selain sungai dalamnya. Kebayang betapa luasnya gua tersebut. Oleh masyarakat sekitar, gua tersebut dianggap sakral yang selama ribuan tahun tidak ada penduduk yang berani masuk kedalamnya.

Gua Son Doong berada di wilayah  Taman Nasional Phong Nha Ke Bang ini memiliki hutan rimbun dan aliran sungai yang deras didalamnya.

Terungkapnya gua Son Doong ini pada tahun 2009 adalah karena adanya seorang ahli gua yang berani memasuki gua ini sehingga terkuaklah rahasia keindahan didalam gua tersebut.

Gua Son Doong ini selain luas juga memiliki ketinggian yang luar biasa, sehinggi tinggi gua ini bisa memuat gedung 40 lantai.

Gua Son Doong yang baru ditemukan tersebut selama ratusan atau bahkan ribuan tahun ini tertutup dan tidak dijamah manusia sama sekali. Bahkan, gua ini dianggap sakral oleh penduduk setempat dan dari dalam gua tersebut sering terdengar suara mendesau.

Menurut mereka, bunyi mendesau sering terdengar dari dalam gua. Inilah yang membuat penduduk lokal tak berani untuk masuk ke dalamnya.

Ternyata, suara mendesau yang sering didengar penduduk lokal berasal dari sungai ini..

Posting Komentar

1 Komentar

  1. Wah besar amat tuh gua. Mungkin di Indonesia juga memiliki gua yang tak kalah besar kalau liat luas wilayang dan jenis batuan di Indonesia. btw thanks infonya

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak disini bro & sist :)