Kisah Mistis di Situ Gunung

Yes Outdoor : Ada aja hal mistis yang bisa kita alami saat melakukan kegiatan di alam bebas. Percaya atau tidak, itu adalah bagian dari aktivitas kita di alam. Tinggal bagaimana menyikapinya dengan semestinya.

Kalau diceritakan sejak era 90-an awal-awal aktif berkegiatan dialam bebas, adalah kisah-kisah yang dialami sampai sekarang. Salah satunya pernah saya tulis di blog ini.Penasaran boleh tengok kisahnya yang aheng.

Nah kali ini sedikit menengok ke belakang lagi, ada juga kisah seru penuh mistis dari seorang senior, Kang Arya dan teman-temannya di Situ Gunung yang memang punya pesona keindahan alam yang memanjakan para pecinta kegiatan outdoor untuk memacu adrenalin mereka.

Berikut ini kisahnya :


Situ Gunung 1994
Teror Sang Penunggu Buper. ( Part 1 )

Kisah ini berawal dari liburan semester pertama.( SMA kelas 2 ) Saat itu gw dengan genk dan genk sepupu gw merencanakan aktifitas camping di suatu tempat. Akhirnya setelah mendekati liburan panjang tercetuslah sebuah lokasi yang kita tuju. 

Nah berhubung genk sepupu gw full ledis maka banyaklah batangan yang tertarik untuk bergabung bersama. Ho ho ho. Alamat ribet nih. Setelah berunding dengan seksama akhirnya kita setuju untuk berangkat diem diem.. Biasalah meeting pointnya rumah alm. nenek gw dibelakang kampus univ pancasila. 

Waktu yang dinanti akhirnya datang. Desember 1994 gw lupa tanggalnya. Kita semua berkumpul di lokasi yang telah ditentukan. Para bodyguard terdiri dari gw dan anank sedang para ledis uwieks, asih, ratih dan imah. Singkat aja yah. 

Uhuii. Karena dah siang kebogornya akhirnya kita kebagian kereta terakhir menuju sukabumi. Wew jangan tanya situasi KRL dan KRD saat itu. Dijamin full crowdied, kacau balau dan penuh intrik. Ha ha ha. Apalagi KRD sukabumi. 

Soang, bebek, entog, ayam bahkan kambing bisa ikutan naek kereta. Ed dah.. Anak sekarang mah kagak bakal ngerasain hal hal itu hu huii.


Setelah 50 menit desak desakan didalam KRL maka tibalah kita di St. Bogor. Disini kita beli tiket hanya untuk para ledies. Situasi stasiun saat itu jauh banget sama sekarang. 

Tukang dagang, tukang ngamen, tukang palak ada semuanya campur aduk jadi satu. Pokoknya cemen dikit kelar dah banda kita. he he he. Sore itu penumpang dah bludak kaya aer menuh-menuhin ember. 

Mulai dari anak kecil, anak sekolah, pegawai, pedagang dan semua jenis manusia yang tidak bisa disebutkan satu persatu berkumpul menunggu rangkaian besi tua KRD Sukabumi memasuki asa mereka dalam penantian. Canda tawa ala anak SMA bersama kepulan asap rokok mengisi ruang obrolan saat itu. Ratih yang manis. 

Imah yang cantik serta uwiek dan asih yang demplon nampak tersenyum lepas menyambut acara kemping perdana mereka. Jam 4/5 sore sebenarnya KRD dah ada namun sang naga sengaja diparkir didipo untuk menghindari tumpukan antrian penumpang yang diluar kapasitasnya.


Baru menjelang magrib biasanya kereta akan diparkirkan diperon dan desak desakan ala antri minyak tanah dijaman krismon segera kita saksikan. 


Gak ada kata ngalah.. Semua serba mau duluan untuk sampai di perut sang naga besi. Ho ho ho asiklah sedek sedekan juga. Sedek-sedekan.?? Apaan tuh bang.? Desek desekan dodol. 

Ohh.. Iya ente untung bang dapet yang empuk empuk lha kite. ?? Ha ha ha ha. Makanya bidik target sebelum naik. Ho ho ho. KRD sukabumi adalah KRD paling crodied dijamannya. Setelah acara dorong dorongan akhirnya kita dapat posisi ditengah gerbong. Kaca serta pintu kereta yang sudah tak berfungsi memang surga disaat panas tetapi menjadi malapetaka disaat hujan. Pokonya asiklah. 

Dibalik kesulitan selalu ada kesenangan. Bukan begitu bukan.?? Iya buat mereka yang beruntung buat yang nempel kambing ma entog itu adalah kesulitan yang sesungguhnya. Ha ha ha ha. Setelah cukup lama berhenti kereta mulai bergerak. 

Suara bising yang timbul dari delapan penjuru mata angin akan menemani perjalanan kita hingga sampai tujuan. Gejas gejes bersama teriakan para penumpang yang naik diatap KRD menjadi teman sempurna perjalanan semi semi edan ini. Setelah hampir 1 setengah jam berada didalam perut ular besi akhirnya kita memasuki St. Cisaat Sukabumi. 

Naik turun gak kalah susahnya. Tumpukan penumpang yang ingin berada didekat pintu menjadi sekat rapat yang kadang sulit sekali untuk ditembus. Misi. Misi mau turun nih. Ho ho ho setelah menggunakan hampir 3/4 tenaga dalam akhirnya gw bersama rombongan berhasil lepas dari jepitan para penumpang yang menghadang. 

Alhamdulillah. Udara segar sukabumi segera menyambut kehadiran kami. Belum sempat bernafas lega serbuan para supir angkot dan calo kembali datang menghampiri. Bade kamana jang.?? Ayolah pake angkot mamang. Lah pokoknya seru lah bredelan tembakan cocot yang membombardir kita malam itu. 

Lepas ini masuk itu, begitu seterusnya hingga akhirnya kita memasuki jalan gelap ditepi sawah lalu tembus dibelakang areal Masjid Agung Cisaat. Oalah.. Akhirny sampe sini juga. Anank ma gw segera cari angkot. 

Tawar menawar antar kita menghasilkan angka 500 perak untuk sampai ke pintu masuk situ gunung. Ya udah beri aja daripada tadi gak bisa turun 1000 perak. Naiknya setelah pertigaan pasar ya jang, yang ada balongna. Mobil saya nunggu disana. Ohh oke mang.


Wajah letih dari 4 ledis nampak terlihat jelas. Ayo semangat bentar lagi sampe. Wajah wajah manis itu kembali bersemangat. Eh anto serem gak tempatnya.?? Enggak kok. Masih sereman didalam kereta. 
Ha ha ha gelak tawa segera mengisi perjalanan dari depan masjid hingga kedepan empang. Jalan mulai gelap. Tuh Angkotnya. Bergegas kita naik dan duduk anteng. 

Diawal awal masih sempet ada pembicaraan. Tapi lama lama sepi hingga menyisakan suara kendaraan yang membelah sunyinya malam. Setelah hampir satu jam berlayar diatas aspal nan gelap akhirnya kita tiba di pertigaan Cinumpang. 

Duhh angkotnya gak kuat naik gimana nih.?? Masih jauh gak mang.?? Enggak kok palingan 15 menit lagi sampe. Ya udahlah pikir gw ma para lanang. Bayar lalu jalan kaki membelah kesunyian malam. Para ledis yang gak pernah sama sekali kemping awalnya senyam senyum aja. jalan santai sambil ngobrol ngobrol ringan. Wadah mana nih katanya deket. 

Lepas lapangan bola jalan semakin naik dan gelap. Hembusan angin malam bersama suara burung hantu menjadi teman setia dimalam itu. Beuh loom apa apa udah disambut beginian. Sebenernya apa sih hubungannya.?? Tau dah. Cuma asik dan syahdu aja kalo denger burung itu nyanyi ditengah malam. 

Alhamdulillah setelah lebih kurang 40 menit berjalan kaki akhirnya kita sampai di gerbang masuk situ gunung. 15 menit dari hongkong. He he he. Setelah tarik nafas sebentar kita langsung masuk. Wah petugasnya gak ada. Ayoo buruan mlipir ke warung. 

Cepet cepet langkah kita arahkan kesana. Uhuui gratisan nih. Malam itu pasukan rem pakem ( remaja pecinta kemping ) atau galatuping ( gerombolan laki laki tukang kemping ) masih sepi mengisi areal ini. Cuma satu dua aja terlihat lampu lampu tenda dikejauhan. Jam berapa nang.?? 

Mana ada jam gw. Ratih menjawab. Jam 10 an toz. Ya udah kelar makan minum kita langsung chau aja. Anank bisik bisik ma gw. Mang lu dah pernah kemari. Sambil cengar cengir gw jawab belom. Ha ha ha ha. Ya udah tanya tanya dulu gih. 

Sambil gegares bala bala kita terlibat obrolan ringan dengan ibu warung. Ayolah..kata anank dah malem nih. Bloom bikin tenda. Para gadis mulai mulai terlihat sayu dalam lelahnya. Ya udah.. Bayar trus jalan. Informasi yang kita dapatkan cukup valid hingga tiap langkah yang tercipta terasa kuat dalam keyakinan.

Lepas 10 menit membelah hutan damar kita sampai pada areal yang cukup terbuka, Nampak sebuah bangunan gelap yang mengalunkan suara air terdengar syahdu ditelinga. Apaan tuh coba senter ong. WC umum kata si anank. 


Wah manteb gw bilang. Mah naik yuk keatas. Lihat posisi enak buat buka tenda. Nank lo sini aja jagain para ledis. Oke sip. Gw ma imah segera naik keatas. Sentar senter sebentar akhirnya nemu lapak asik. Ong naik sini. Enak nih. 


Gak lama anank dan para gadis yang tersisa segera naik. Tenda pramuka jadul segera menghampar diatas tanah. Golok mana ong. Nih kata dia, Cari kayu 2 biji buat sanggahan depan belakang. Berdualah katanya. He he he iya gw bilang. 


Suasana buper yang cukup sepi serta ada hawa hawa aneh yang kadang bikin merinding membuat gw ma anank bergerak cepat mencari kayu. Dapet. potong lalu kembali ke para ledis. Cewek cewek diem aja yah. Gw ma anank segera beraksi. 


Bat bet bat bet semuanya kelar. Tenda jadi. Nang matras gelar dulu. Matras kelar para ledies pun dipersilahkan masuk. Wow bintang bintang mengisi langit dengan cerahnya. Angin dingin dalam bayangan dedaunan sisa bulan purnama membuat suasana menjadi sangat indah. Parapin buat bikin api aja ong. Kita masak pake spirtus aja. 


Sip. Kompor parapin bersama wadah kaleng untuk spirtus segera tersedia. Lu masak yah. Gw cari kayu. Pas mo jalan tiba tiba imah teriak. Anto mo kemana.?? Nyari kayu mah. Ikut dong. Lha iya. Monggo gw bilang. Imah yang putih bersih dan cantik memang teman yang pas buat nyarii kayu ditengah alas alasan. 


Ha ha ha. Jangan pada ngeres otak lu yeh. Resep aja kali jalan ma mahluk cantik mah. Nge lampu badai dah lo isi minyak tanah.?? Beloom.. Lo isi gih. Tanpa menjawab anank segera kutak katik dikegelapan malam. Setelah mutar muter bersama akhirnya kayu cukup banyak kita dapatkan. 


Lo gak ngantuk mah.?? Enggak sampe sini jadi seger gw. Ya udah kita main api yah. Oke katanya sambil tersenyum manis. Sampe tenda kopi item ma teh manis dah siap. Mana yang laen.? Pada didalam kata si anank. Woi ledis yaqin nih mo molor. 


Teh manis, cemilan sama indahnya malam menanti kita lho.
Pelan tapi pasti. Uwiek, asih dan ratih mulai keluar tenda. Saputan angin dingin yang awalnya menakutkan kini malah menjadi teman diantara canda. Api unggun jadi. 


Manteb.!! 2 kotak parapin cepat merubah potongan kayu kayu damar menjadi bulir bulir api yang hangat. Deh sayang banget lupa bawa gitar kita. Kalo ada makin hot aja ni malem. Lo kenape sih diem aja.? He he he gw mo pipis tapi takut. 


Siapa aja yang mo kencing sekalian aja. Akhirnya semuanya mau. Lampu badai dan satu buah senter besi 4 batterai menjadi penerang kita malam itu. Jangan lupa bawa lilin buat didalam kamar mandi. Bangunan lusuh dan seadanya memang terlihat cukup seram dibawah temaram sinar bulan. 


Para ledies yang merasakan hawa kurang enak akhirnya masuk dua dua didalam kamar mandi. Gw ma anank yang jadi satpam diluar juga kadang merinding disko. Sepi amat ong. Iyalah kita berangkatkan kamis. Besok kali baru rame. 


Ohh iya. Setelah bergantian acara pipis masalpun selesai. Kamar mandinya serem banget bisak bisik para ledis diantara kesunyian malam. Emang pada liat apaan sih.?? Kata si anang. Enggak cuma ada sesuatu aja yang kaya liatin kita kata si asih. Gw tatap satu persatu wajah yang lainnya mereka mengangguk semua. 


Ya udah ntar sampe tenda langsung tidur aja. Atur posisi. Gw ma anang dipinggir pintu depan belakang. Gak lama kita sampai dan langsung masuk kedalem tenda. Ong garem dah lo sebar.?? Lha iya gw lupa nge. Ya udah sebar dulu lah ma gw. 


Gak lama gw ma anak segera keluar tenda. Lampu badai taro depan pintu lo aja. Disini kan ada api unggun. Garcep kita langsung sebar garem. Dari arah wc tiba tiba terlihat sesuatu namun samar. Gw ma anang yang paham situasi segera masuk tenda. 


Ayo baca doa dulu yah sebelum bobo. Hmm apaan tuh ya. ?? Setelah komat kamit akhirnya gw berusaha tidur. Suara suara aneh mulai terdengar mengisi malam. Susah payah akhirnya gw tidur juga. Pagi pagi sekitar jam 5 gw dah bangun. 


Anank nampak terduduk dipinggir pintu tenda. Begitu juga imah udah terbangun. Sementara asih, ratih dan uwiek masih melipat tubuh mereka didalam lipatan pistoi yang hangat. Gak banyak cingcong gw langsung keluar. Ong.. Iya katanya langsung keluar tenda, Ada apaan semalem.??

Bersambung...

Posting Komentar

0 Komentar