Galau Minggu Ini :(

Yes Outdoor : Minggu pagi itu memang asik dipakai untuk sedikit bersantai. Begitu juga dengan Yes Outdoor yang sedang menikmati Minggu pagi dengan bersandati, becanda dengan si Cepot & Gareng dua kucing yang badung-badung meski beda usia dan postur tubuh mereka.

Selain itu, seperti biasa juga menikmati acara di salah satu stasiun TV nasional yang menyuguhkan tema adventure atau petualangan. Apalagi kalau bukan MTMA.


Hari ini MTMA menyuguhkan eksotisme daerah barat Kebumen. Memang eksotis sih daerah sana. Setelah sesi moto trail offroad dan segera dilanjutkan dengan caving di gua Barat, sebuah gua yang memiliki sungai bawah tanah serta air terjun setinggi lebih dari 30 meter didalamnya.

Wah, kebayang gak air terjun dalam gua itu seperti apa sih? Tapi.. tiba-tiba mati lampu :( Alamaak.. Baru juga didepan pintu gua Barat. Hikss..

Sekedar info aja yah, gua Barat itu merupakan salah satu pintu dari gua Pengantin yang pernah diulas juga di sini.

Bener dah, bikin galau nih PLN. Maksud hati ingin kembali bernostalgia dengan salah satu gua yang pernah jadi bagian dari sejarah perjalanan Yes Outdoor dahulu kala. Masuk, eksplorasi, berpetualang, berenang, climbing dan menikmati kegelapan dan eksotisme perut bumi di Barat Kebumen  itu.

Bahkan salah satu tugas akhir jaman SMA dulu juga adalah membuat penelitian tentang gua ini dan masyarakat disekitarnya. Rela untuk tidak ikut Study Tour ke Bali demi petualangan seru kami. Colek om Dany akh... "Masih minat berpetualang setelah batal Tanggamus? Kita ekplore gua Barat lagi"

Sungguh itu salah satu gua yang indah dan masih jarang orang mengeksploitasi (itu dulu, gakk tahu sekarang). Sebuah keindahan tersembunyi, karena disana orang kebanyakan menikmati wisata gua Jatijajar dan gua Petruk.

Gua Barat
Merupakan salah satu gua besar yang ada di barat Kebumen atau sebelah selatan Gombong. Bisa ditempuh melalui jalur wisata gerbang Jatijajar menuju gua Petruk ataupun pantai Ayah.

Gua ini terletak diarea pegunungan kars yang membentang dari utara ke selatan. Salah satu hal yang masih terekam dalam memori Yes Outdoor waktu menyusuri gua ini adalah keadaan dalam gua yang seringkal berubah suasananya. Kadang berasa dingin dan kadang juga berasa hangat. Beberapa kali juga berkabut.

Memiliki sungi dengan aliran yang deras dengan kedalaman beraneka ragam, ada yang lebih dari dua meter. Sebagai gambaran, dengan tinggi badan saya 177 Cm, waktu terjun dan menyelam sambil mengangkat tangan lurus keatas, ujung jari tidak sampai ke permukaan air :)
Salah satu sudut gua Barat
Tapi airnya jernih, sehingga kita bisa melihat kedalaman ataupun batuan karang didasarnya.

Dulu pernah ada tim caving dari Prancis & Indonesia menyusuri gua ini yang mengatakan bahwa gua ini memang luar biasa dan indah. Itu dikatakan langsung oleh juru kunci gua tersebut.

Yang jelas air terjun disana tak hanya satu, tapi semua indah dan wow.. Yang harus dipersiapkan tentunya peralatan caving yang memenuhi standar safety.

Pokoknya gua Barat itu merupakan tempat indah dengan pemandangan indah nan menawan. Gua Jatijajar dan Petruk tentu sudah lebih dikenal dan dijadikan destinasi wisata alam. Begitu juga dengan pantai Ayah disisi selatan yang tak begitu jauh letaknya.

Wah.. bener jadi pingin dah kembali kesana, menikmati keindahannya. Sayang kemarin gak sempet mengunjungi tempat-tempat indah itu saat pulkam. Next time maybe yah?

Oh ya, bicara tentang pantai... disana banyak tuh pantai-pantai dengan panorama indah. Selain pantai Ayah, masih ada pantai pasir putih, pantai Karang Bolong, Suwuk, Menganti, Petanahan, Bocor Ambal. Aaah.. jadi inget susur pantai sampai Pangandaran kala itu :)

Duh makin ngelantur aja nih.. ha.. ha.. Tolong ingetin ya, untuk mendownload episode mtma di Kebumen :) biar nanti saya download dari youtube.

Posting Komentar

0 Komentar