Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung

Yess Outdoor : Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung terletak di Sulawesi Selatan, seluas ± 43.750 Ha. Secara administratif  taman nasional ini terletak di wilayah Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep).

Sejak ditetapkan menjadi kawasan konversi dan taman nasional, berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor : SK.398/Menhut-II/2004 tanggal 18 Oktober 2004 Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung dikelola oleh Balai Taman Nasional.




Kerajaan Kupu-kupu


Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung merupakan habitat berbagai macam flora dan fauna. Yang paling menonjol adalah kupu-kupu, karena disana setidaknya ada 20 Jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah dan berbagai jenis lain atau sekitar 250 Jenis Kupu-kupu yang mendiami tempat ini.

Gua Alam

Selain menjadi habitat bagi flora dan fauna, Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung ini memiliki kurang lebih 80 gua alam dan gua prasejarah yang tersebar di kawasan ini, salah satu gua yang paling diminati oleh para wisatawan untuk dikunjungi adalah Gua batu dan gua Mimpi, cukup unik bukan untuk dikunjungi.



Karst Terbesar & Terindah Kedua Di Dunia


Kawasan pegunungan karst terbesar ke dua setelah karst di Cina Selatan ini membentang di wilayah kabupaten Maros dan kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan, dengan luas sekitar 40 ribu hektar.


Keunikan karst Maros-Pangkep terletak pada bentuknya yang seperti menara atau tower yang berdiri sendiri maupun berkelompok membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi.

Tebing kars di Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung menjadi surga bagi para petualang kegiatan outdoor.

Tebing-tebing karst yang menjulang tinggi itu juga siap memacu adrenalin para pemanjat tebing. Selain itu di kawasan ini memiliki banyak gua yang siap menantang mereka para penggemar kegiatan Caving.

Posting Komentar

0 Komentar