Fakta-fakta Tentang Gunung Berapi

Setidaknya ada 1.500 gunung berapi aktif di dunia dan letusan terhebat adalah Gunung Tambora di Sumbawa. Berikut beberapa fakta menakjubkan tentang gunung berapi.

  1. Batu apung vulkanik adalah satu-satunya batu yang bisa mengapung di air. Batu ini biasanya berwarna abu-abu dan penuh lubang yang terbentuk ketika gas panas keluar karena pendinginan.
  2. Gunung api yang paling hebat disebut supervolcano. Sebuah letusan supervolcano bisa menyebabkan hujan api ribuan mil, dan menyebabkan perubahan iklim di seluruh dunia, seperti penurunan suhu global sebagai akibat dari pelepasan berton-ton partikel abu ke atmosfir. Salah satu yang terbesar adalah di Taman Nasional Yellowstone AS dan ilmuwan mengatakan itu mungkin karena letusan lain.
  3. Letusan gunung berapi terbesar yang pernah diamati adalah Gunung Tambora, di pulau Sumbawa, di Indonesia. letusan tahun 1815 itu menewaskan sekitar 100.000 orang. Indonesia diperkirakan memiliki jumlah terbesar gunung berapi aktif secara historis dengan total 76, menurut US Geological Survey.
  4. Kebanyakan gunung berapi ada di dekat tepi lempeng tektonik, lembaran batu besar yang membentuk permukaan bumi. Tetapi beberapa gunung berapi, seperti Supervolcano Yellowstone, berbaring di atas "hot spot" lain di mana sumur magma naik dari dalam bumi.
  5. Dikenal sebagai tanah api dan es, Islandia bertengger di atas gunung berapi punggungan Atlantic. Letusan gunung berapi terbaru di Eyjafjallajökull beberapa hari lalu. Letusan 1783 di Gunung Skaptar menghancurkan pertanian dan cadangan ikan di pulau itu dan menyebabkan kelaparan yang menewaskan seperlima dari rakyat negara itu.
  6. Letusan Gunung Pinatubo pada 1991 di Filipina bahkan lebih buruk. Gunung ini memuntahkan 22 juta ton sulfur dioksida, yang mengelilingi seluruh planet dan membawa temperatur global turun setidaknya 0,5 derajat C, menurut USGS.
  7. Gunung berapi dapat tumbuh. Saat lava dan abu menumpuk mereka menambahkan lapisan dan tinggi permukaan gunung berapi. Ini adalah salah satu cara umum bagaimana gunung tumbuh.
  8. Gunung berapi dapat menjadi punah.Jika ilmuwan menilai sebuah gunung berapi tidak akan pernah meletus lagi, mereka menganggapnya akan punah. Gunung berapi yang tidak aktif tapi mungkin meletus lagi diberi label sedang tidur.
  9. Beberapa letusan gunung berapi dapat menyebabkan magma yang runtuh, membentuk kawah raksasa berbentuk mangkuk yang disebut kaldera.
  10. Gunung berapi terbesar di bumi adalah Mauna Loa Hawaii. Salah satu dari lima gunung berapi di Hawaii itu merupakan menara 13.000 kaki di atas permukaan laut. Kepulauan Hawaii sebenarnya diciptakan oleh hot spot.
  11. Gunung berapi membuat matahari terbenam lebih berwarna. Ketika gunung berapi Alaska Kasatochi meletus pada tahun 2008, orang di seluruh dunia melihat warna oranye yang luar biasa indah saat matahari terbenam. Ini fenomena visual hasil dari partikel abu halus dalam suasana hamburan sinar matahari.


    Posting Komentar

    0 Komentar