Gunung Di Indonesia

Merapi
Indonesia yang terdiri dari ribuan pulau ini, memiliki banyak sekali gunung. Gunung-gunung itu tersebar di berbagai pulau tadi. Dengan karakteristik dan keindahan-nya masing-masing, sungguh sangat layak, kalau banyak diantara kita memilih untuk mengikuti berbagai organisasi yang bergiat di alam bebas.



Tidak hanya itu, banyak juga yang gemar melakukan acara outbond secara pribadi maupun mengikuti kegiatan yang diselenggarakan dan dibuat untuk umum. Saat kita terpesona dan kagum melihat gunung-gunung itu dari kejauhan, sebenarnya secara tidak langsung kita telah memiliki rasa 'suka'. Tinggal kita mau menindaklanjuti atau tidak dengan rasa itu.


Hampir setiap pulau memiliki gunung yang layak untuk kita daki karena keindahannya. Dari Sumatera, Jawa, Bali, Lombok, Sulawesi maupun Irian dengan Cartenz nya.


 Di Sumatera ada gunung-gunung Leuser, Kerinci, Dempo, Merapi dan sebagainya. Dengan kawasan hutan yang masih lebat, akan mampu
Kerinci
memberikan kita sensasi dan kepuasan saat kita telah mendakinya. Apalagi dengan sajian pemandangan alam yang ada, baik tumbuhan maupun binatang dan fenomena alam lainnya.
Sumbing

Semeru Closeup
Pulau Jawa yang dikenal memiliki banyak gunung berapi-pun tidak kalah menarik untuk kita kunjungi. Kita bisa mendaki gunung Salak, Gede, Pangrango, Papandayan, Cikuray, Ciremai di Jawa Barat. Untuk Wilayah Jawa Tengah, akan dimulai dari Gunung Slamet yang merupakan puncak tertinggi kedua di Pulau Jawa, Sindoro, Sumbing, Perahu ( dikawasan Dieng ) Merbabu dan Merapi serta Lawu. Sebenarnya masih banyak lagi gunung-gunung lainnya di Jawa Tengah. Tapi itu adalah yang paling sering dipilih untuk pendakian. Karakteristik beberapa gunung di Jateng ini,  memiliki hutan yang sudahgundul ( Sindoro, Sumbing, Merbabu ) kecuali untuk gunung Slamet adalah gunung yang masih memiliki kawasan hutan yang asri.
Bromo

Untuk Jawa Timur, dikenal pula dengan gunungnya yang tinggi dengan pemandangan yang indah. Arjuna-Welirang, Argopuro, Semeru sebagai gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa dan Gunung Raung serta masih banyak gunung lainnya yang ada di area itu.

Lombok memiliki ganung yang tinggi dan indah, yaitu Rinjai. Dengan pemandangan berupa Danau Segara Anak.
Medan Rinjani


Danau Segara Anak



Pulau Bali dikenal dengan keindahan alamnya. Pun juga memiliki gunung-gunung yang indah, diantaranya Gunung Agung dan Batur.

Menurut saya, sepertinya kita rugi kalau tidak menikmati sajian alam yang indah itu. Dengan berbagai persiapan, bekal dan peralatan yang pas, kita akan bisa menikmati keindahannya dari dekat. Kita-pun akan memperoleh satu hal yang sulit untuk diucapkan dalam kata-kata manakala kita telah berhasil mendaki satu persatu gunung itu.


Posting Komentar

0 Komentar