Peralatan Outdoor



Bagi kita yang demen melakukan aktivitas outdoor, khususnya yang melakukannya selama beberapa hari jangan sampai lupa untuk mempersiapkan seperangkat gear / peralatan yang wajib kita sertakan demi sukses dan kenyamanan kita di lapangan. Salah satu aktivitas outdoor yang banyak dilakukan orang adalah pendakian gunung. Untuk bisa sukses mendaki, tentunya kita menyadari pentingnya persiapan dari seluruh aspek yang memang vital dan direkomendasi untuk tidak mengabaikannya. Diantaranya adalah :




  1. Persiapan, baik fisik maupun non fisik
  2. Peralatan, sediakan peralatan dan perlengkapan yang memang kita butuhkan dan menunjang aktivitas kita
  3. Informasi, carilah informasi dari obyek yang kita tuju sebanyak mungkin
  4. Pemilihan waktu pelaksanaan yang tepat
  5. Skill atau penguasaan materi medan
Disini, seperti judul postingan ini akan kita bahas peralatan yang baiknya kita sertakan demi kenyamanan perjalanan kita. Cara terbaik untuk memperolehnya adalah dengan membuat daftar peralatan yang kita butuhkan. Kenapa kita buat list / daftarnya? Satu alasannya adalah supaya kita tidak melupakan salah satu yang harusnya kita sertakan. Cobalah untuk mengelompokkannya sesuai dengan fungsinya. Oke jo..misalnya kita kelompokkan menjadi seperti ini :


  1.  Perlatan Tidur, yakni peralatan yang kita gunakan untuk memenuhi kebutuhan kita yang mendasar, yaitu istirahat. Khususnya tidur. Kagak mungkin kan, kita akan menjaga mata kita untuk terus melek selama beberapa hari? Kalaupun mampu, apakan fisik kita akan memiliki tenaga yang cukup, manakala tidak kita istirahatkan? I think the answer is no way... :) Hal mendasar dari peralatan ini adalah sleeping bag dan pasangannya, sleeping pad atawa matras.  Sleeping bag akan memberikan kita kehangatan, ketika hembusan angin dan udara dingin berlomba-lomba untuk menembus tulang kita, sementara sleeping pad akan memberikan kita kenyamanan manakala menggunakan sleeping bag. Karena fungsinya sebagai alas bagi sleeping bag ketika kita tidur, sehingga selain akan menjaga sleeping bag tetap terjaga kebersihannya, ia akan bekerja untuk mengurangi efek langsung dari dinginnya ataupun kelembaban tanah tempat kita parkir....
  2. Shelter atau rumah kita yaitu tenda... Yang ini jangan kita lupakan. Karena fungsinya  vital, sebagai tempat perlindungan kita dalam beristirahat. Baik tidur maupun tidak. Dengan tenda kita akan memiliki nilai kenyamanan lebih dalam istirahat. Sebab, meskipun kita bisa tidur / istirahat tanpa tenda, tapi untuk situasi yang lebih ekstrim, misalnya dalam keadaan turun kabut tebal maupun hujan dan angin badai maka disinilah kita akan merasa lebih terlindungi. Pilihlah tenda sesuai dengan medan yang kita masuki. Umumnya kita menggunakan tenda yang simpel dalam mendirikannya ( misalnya tenda dome ) serta pertimbangan size yang tidak terlalu besar. Kenapa milih yang tidak terlalu besar? karena  apabila kita memasuki hutan gunung dengan medan bervariasi, terkadang sulit menemukan lokasi yang ideal untuk mendirikan tenda yang besar, karena luasnya lahan yang terbatas maupun kemiringan medannya dll.
  3. Kontainer. Kontainer? yap.. kontainer.. maksudnya disini adalah tas backpack | ransel | carrier apalah namanya. Yang penting itu tadi tas yang khusus didesain untuk aktivitas outdoor. Banyak merk dan model serta variasi warnanya, sesuaikan dengan selera kita. Pertimbangannya dalam memilih tas ini adalah bahan dan desainnya disesuaikan dengan medan yang kita masuki serta ukurannya. Makin lama proyek kita, tentunya kita akan membutuhkan size yang lebih besar. Karena otomatis perbekalan yang kita bawa akan semakin banyak.




  4. Perlengkapan lainnya misalnya adalah untuk kita makan, minum, masak, sepatu, jaket, raincoat, penerangan, alat komunikasi serta dokumentasi. Yang bisa jadi nilai plus dari point ini adalah dokumentasi tanpa mengesampingkan lainnya. Hari gini rasanya akan sangat rugi kalau kita tidak mendokumentasikan perjalanan kita yang unik ini, karena tiap perjalanan akan memiliki kisah dan cerita yang selalu berbeda, meskipun kita berjalan dengan tim yang sama. Dengan dokumentasi, kita bisa membawa spirit dan suasana diluar sana kedalam ruangan  rumah, kantor  ataupun berbagai acara kita. Disini kita membutuhkan satu kamera, ataupun handphone yang telah dipersenjatai dengan kemampuan untuk merekam gambar maupun video bahkan mencatat point-point dari perjalanan kita. Jangan lupa gps sebagai alat pemandu jalan digital . Untuk makan minum dan sebagainya jangan lupa kita sertakan kompor untuk memasak, kecuali kita ga memerlukan minuman susu coklat hangat, bubur,  atau wakkk.. mie instant dan sajian makanan lain yang perlu kita olah dahulu sebelum disantap. Tanpa ini kita mungkin akan merindukan kepulan asap kopi dari cangkir kita dipagi hari. yummi...
SEW995a GPS & 8Mp camera 3G



<< SEW995a GPS & 8Mp camera 3G <<




    Oia Jo.. yang harus kita pegang dalam melakukan aktivitas outdoor seperti mountaineering ini adalah ( ini menurut saia ;) hehe... :) "Our outdoor activity  just like we are lifing at home". Ya itu pandangan saiya... pokoknya kita lakukan dengan rasa senang dan dapat kita nikmati seperti kita sedang berada didalam rumah kita.. bahkan kalau kita bisa online... ya online..lah..... peace !!










    Posting Komentar

    0 Komentar