Steve Bate, Seorang Pendaki Buta Yang Mampu Mencapai Puncak Monolit El Capital

Yes Outdoor : “Saya tidak pernah menyangka akan mencapai puncak. Saya berharap pencapaian saya bisa menjadi inspirasi bagi pendaki, terutama penyandang cacat. Jika saya bisa melakukannya, siapapun tentu bisa,” kata Bate bangga.

Steve Bate
Seorang pria asal Skotlandia mampu mendaki gunung monolit El Capitan di California setinggi 915 meter. Monolit berbentuk seperti gunung yang tersusun dari batuan tunggal yang masif. Hal tersebut merupakan suatu prestasi yang luar biasa karena dilakukan oleh seorang pendaki,Steve Bate, 35 tahun dalam kondisi buta.

Mantan instruktur mendaki ini menghabiskan waktu 6 hari untuk menaklukan gunung El Capitan. Dua tahun lalu, ia didiagnosis menderita retinitis pigmentosa. Kondisi ini menyebabkan kemunduran yang progresif pada retina dan secara perlahan akan menimbulkan kebutaan. Menurut dokter, Bate akan benar-benar buta dalam waktu 5 tahun setelah didiagnosis.

“Saya ingin melakukan pendakian sebelum benar-benar terlambat (benar-benar buta),” ujarnya pada Daily Mail, Selasa, 9 Juli 2013. “Saya benar-benar mencintai tebing, gunung, dan sensasi yang didapatkan. Saya tidak ingin, masalah penglihatan menjadi penghambat.”

Menurunnya kemampuan melihat yang diderita Bate membuat ia menjadi lebih lambat dalam mendaki. Ia banyak melakukan kesalahan dengan melakukan gerakan berulang. Ia terjatuh hingga 2 kali. Namun, itu tak mematahkan semangatnya. Dengan dibantu penjaga dan temannya, ia mampu menuntaskan misinya.


.

Posting Komentar

0 Komentar